Selasa, April 22, 2008

Reduce, Reuse dan Recycle

Sebuah botol bekas minuman mineral kutemukan pagi ini di tas anakku. Buat apa botol bekas ini dibawah ke sekolah, pikirku. Saat botol itu kusingkirkan dari tasnya, anakku protes. Katanya pagi ini memang disuruh bu guru untuk membawa botol bekas. Buat apa? Entahlah.

Dalam perjalanan ke kekantor, obrolan Putri Suhendro dan M Rafiq dari radio di mobil pagi ini mengambil tema tentang penghijauan di jalanan ibukota. Ya, ternyata hari ini topiknya berkaitan dengan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, ya hari ini. Jadi mungkin ada kaitannya antara Hari Bumi ini dengan botol mineral tadi, begitu yang terlintas dalam benakku.

Bumi menurut penelitian para ahli adalah satu-satunya planet yang memiliki penghuni dibandingkan dengan semua planet dalam tatasurya. Seiring dengan perkembangan, jumlah penghuni bumi (baca: manusia) semakin banyak. Sehingga bumi-pun semakin sesak. Menurut ramalan, iika pertumbuhan manusia tidak ditekan dengan baik, dalam tahun 2025, umat manusia akan mencapai jumlah 8,5 milyar. Naik sekitar 3,5 milyar dalam 35 tahun. Padahal mereka butuh sumber daya yang ada dibumi untuk makan, berpakaian dan perumahan serta hal-hal lain untuk mencukupi hidupnya. Maka dari itu sudah selayaknya bumi dan lingkungan hidup yang ada di atasnya ini kita jaga keberadaannya. Janganlah kita rusak.

Namun, masih banyak diantara kita yang merasa berat untuk menjaga lingkungan hidup kita. Masih banyak diantara kita yang mempunyai pendapat bahwa menjaga lingkungan hidup adalah tugas pemerintah semata. Mereka berpendapat, lha buat apa ada Kementrian Lingkungan Hidup? Coba pikir, jika kita mengotori lingkungan rumah, siapa yang paling merasa risi? Tentu penghuni rumah itu sendiri bukan? Bukankah pak RT, pak RW, Pak Lurah bahkan pak Presiden tak ikut-ikut mengurusi rumah Anda yang kotor? Berharap terlalu banyak pada pemerintah juga malah akan membuat kita putus asa.

Menjaga lingkungan, memang bukan hanya kewajiban pemerintah semata. Ini adalah kewajiban kita sebagai penghuni bumi. Trus apakah ada cara yang mudah untuk menjaga bumi? Ada tiga acuan untuk menjaga bumi yaitu 3R - Reduce, Reuse dan Recycle.

Reduce
atau mengurangi.
Sebagai contoh, Anda membeli gado-gado untuk dibungkus. Jangan minta plastik berlebihan. Kalau rumah Anda dekat, mengapa tak tenteng bungkusan gado-gado tadi tanpa plastik. Ingat, plastik adalah bahan yang sangat sulit diurai tanah. Mikroba yang ada dalam tanah tak akan mampu merusak plastik dalam jangka waktu cepat. Coba perhatikan jika Anda mencangkul tanah dan ada plastiknya, pasti plastik itu tak rusak.

Mengurangi pemakaian energi yang berlebihan. Matikan lampu listrik jika tak dipakai. Selain menghemat energi juga akan menghemat tagihan listrik bukan?

Reuse
atau memakai kembali berarti menggunakan kembali barang-barang yang masih layak kita pakai. Tak perlu langsung membuang barang-barang yang masih sangat layak. Kalaupun misalnya Anda tak ingin menggunakan lagi, jangan langsung dibuang. Tapi dijual kembali atau diberikan kepada yang berhak. Selain menguntungkan, khan juga berpahala bukan? Pola konsumtif yang berlebihan juga akan merusak keuangan Anda.

Recycle
atau daur ulang.
Gunakan barang-barang yang tertera lambang recycle-nya. Barang-barang ini lebih ramah lingkungan karena dibuat dari produk daur ulang. Atau jika Anda merasa repot, cukup kumpulkan sampah non organik pada satu wadah dan berikan kepada pemulung untuk kemudian diolah kembali.

Mungkin saya bukanlah orang yang terlalu tepat mengatakan ini. Karena tanpa disadari banyak perilaku saya yang masih belum bisa optimal menjaga lingkungan hidup. Tapi jika tidak diawali dari sekarang, terus kapan lagi. Malu khan dengan anak kecil yang sejak dini udah diajari menjaga bumi dari hal yang terkecil. Jika kita tak bisa melakukan ketiganya sekaligus, minimal satu dari 3 hal tersebut telah kita lakukan. Tidak sulit bukan?

Disamping itu jangan lupa, jika kita memiliki lahan, kita bisa untuk menanaminya dengan berbagai tumbuhan yang terbukti efektif untuk menyerap berbagai kotoran diatas bumi ini. Jika memungkinkan lagi, kita juga bisa menaman pepohonan.

Selamat hari bumi!

Referensi :
- http://www.reducereuserecycle.co.uk/
- 5 Jurus bijak berkomputer agar bumi tersenyum
- 75 cara menyelamatkan bumi

» Baca juga artikel yang berkaitan:

2 komentar. Sampeyan sudah?:

Pakar Cinta mengatakan...

Mungkin bu gurunya dari madura?!
Ngomong2 soal reduce, ente kenapa bawa mobil sekarang, bukannya nambah pemborosan??

mazirwan mengatakan...

ah gak juga... masih tetep bawa motor kok.. lebih hemat.. kalo bawa mobil itu kadang-kadang aja.. misalnya lagi bawa barang atau hari sedang hujan. Kalo biasanya sih masih tetep, bawa motor.

btw, sekarang udah punya domain sendiri euy... top markotob dah.