Sabtu, April 26, 2008

Setting internet menggunakan GPRS dari AXIS dan TaxcoDuo DM70 sebagai modem

AXIS merupakan pemain baru di bidang telekomunikasi selular berbasis teknologi GSM. Setelah menjajal di Surabaya dan Bandung, mulai April ini kartu perdana AXIS telah bisa di temukan di Jakarta.

Tadi siang, kebetulan aku harus nganterin istri yang kebetulan mendapat jadwal lembur di kantornya. Setelah mengantar, aku iseng ke ITC Cempaka Mas. Mencoba mencari tahu, kira-kira apakah kartu AXIS telah tersedia disini. Rata-rata penjual kartu perdana membandrol harga Rp. 25.000/kartu. Padahal harga resmi yang tertera adalah Rp. 6.000/kartu. Itu pun hanya terisi pulsa Rp. 6.000.

Setelah agak ngotot dengan penjualnya, akhirnya kartu tersebut aku dapatkan dengan harga Rp. 20.000. Wuihhh... masih mahal rek! Tapi tetep aja aku beli. Yang membuat aku tertarik adalah adanya iming-iming dari AXIS untuk koneksi internet gratis sampai 100MB! Siapa yang gak ngiler?

Setelah sampai dirumah, aku menjajal kehebatan kehebohan koneksi internet AXIS ini. Apa bener yang dikatakan orang. Menggunakan HP TaxcoDuo DM70, aku mulai mencoba melakukan seting internet. Ponselku aku gunakan sebagai modem GPRS. Maklum ponsel TaxcoDuo DM70 belum mempunyai fitur 3G sih.(?)

Setelah beberapa kali aku mengalami kegagalan, namun akhirnya berhasil juga. Langkah- langkah seting aku coba share disini.

Terlebih dahulu tentunya aplikasi USB Modem bawaannya ponsel TaxcoDuo DM70 telah terinstal dengan baik di komputer kita dan kartu AXIS telah diaktivasi.

Seting konfigurasi di ponselnya.
1. Buka Menu | Setting | Connect Setting | Ok
2. Pilih GPRS | Ok
3. Edit salah satu --> Edit. Isikan sbb

* Account Name : AXIS
* APN : AXIS
* User Name : axis
* Password : 123456
* Auth. Type : Normal
* 1st gateway : 010.008.003.008

Done!
Kemudian sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
4. Pilih Menu | Setting | Phone Setup | USB Config | Ok
5. Pilih Modem Fun | Ok | GSM Network

Tunggu di layar komputer akan mengenali dan menset COM port (biasanya port 6). Selanjutnya ikuti petunjuk di layar untuk membuat profile Mobile Phone GPRS Modem.

Kemudian menggunakan GPRSCDMA Wizard, buatlah koneksi GPRS dari menu Start | All Program | GPRS&CDMA. Jika berhasil akan muncul koneksi baru yaitu GPRS Connection. Klik menu ini.

Kita harus melakukan modifikasi sedikit di modem.
1. Buka menu Start | Control Panel | Phone and Modem Option
2. Pilih tab Modem.
3. Pilih Mobile Phone GPRS Modem | Properties
4. Pilih tab Advanced. Tambahkan baris
Extra inialization command : AT+CGDCONT=1,"IP","AXIS","010.008.003.008",0,0

Ok

Tambahan setting GPRS Connection
1. Buka menu Start | Connect to | Show all connection
2. Pilih GPRS Connection | Properties
3. Pilih tab Security
Validate my identity as follows : Allow unsecured password

4. Pilih tab Networking.

Type of dialup server I am calling : PPP: Window 95/98/NT/2000, Internet
Klik Setting
PPP Setting, Enable LCP extensions : uncheck
Ok

Isikan
User name = axis ,
Password = 123456,
Dial = *99***1# atau *99#


Klik Dial

Kecepatan koneksi GPRS dengan AXIS menurut saya tidak terlalu menggembirakan. Masih kalah dengan kecepatan koneksi internet via CDMA-StarOne. Entah jika menggunakan 3G-nya karena AXIS juga menyediakan layanan tsb. Semoga bisa lebih cepat lagi. Tapi lumayanlah, namanya juga gratis :D

Catatan :
- Setting kemungkinan bisa berubah. Petunjuk setting internet AXIS bisa dilihat disini.
- Tulisan ini di edit online menggunakan koneksi AXIS :D

- Update : Berapa kecepatan download dan upload internet AXIS? Lihat diatas, ini adalah hasil pengukuran bandwith AXIS di sekitar Lubang Buaya, Jakarta Timur

» Baca juga artikel yang berkaitan:

21 komentar. Sampeyan sudah?:

ody'98 mengatakan...

Terima kasih bangettt bang..
Selama ini aku coba koneksi pake HP K608i belom bisa. Setting udah sama cuman Extra inialization command masih pake yang AT+CGDCONT=1, “IP”, “AXIS”
belum connect2, timbul error 734, klo command kosong error yang timbul error 692.

Begitu aku coba pake Extra inialization command yang ini
AT+CGDCONT=1,"IP","AXIS","010.008.003.008",0,0
langsung tok cer dech.....
He,he...

Thanks Banget yaaaaaaaccch.

mazirwan mengatakan...

wah saya ucapkan selamat deh kalo gitu..

Dito mengatakan...

http://mesinwaktu.com/index.php/2008/06/01/internet-axis-setelah-31-maret-2008/
10mb=Rp.1024
990mb=Rp.103760
1000mb=Rp.104784
Dihari yang sama :D

mudah-mudahan internet AXIS lebih baik dibarengi dengan coveragenya

Wahyu mengatakan...

Thanks om Irwan,,

It's working oK..
aku coba ikutin semua step2 nya n berhasil..
tp aku pake modem E220 bwt test aja.
di Extra inialization command aku ilang ip nya jd AT+CGDCONT=1,"IP","AXIS"

Thanks om Irwan,, Lam knal yaaa

Wahyu

mazirwan mengatakan...

selamat mas wahyu..
salam kenal juga... kapan main ke kantor?

bisnis internet mengatakan...

terima kasih bos, infonya, ntar saya akan mencobanya untuk bahan postingan di blog saya..
saya sendiri makai XL unlimitted,...

all my life mengatakan...

wah infonya sangat membantu sekali neh

David SK mengatakan...

saya nggak pernah main pake "Axis".
niwei,
kalo setting PDA (pake kartu im3), ke internet, bisa nggak ya?
maksudnya, PDAny jadi modem buat laptop, untuk koneksi internet.
regards,
:)

dikayoo mengatakan...

saya baru tau kalau ada tambahan 0,0, harus dicoba ini, thaks lp kang informasinya
oya buat mas David, saya rasa untuk im3 tidak jauh berbeda cara kativasinya, semoga tulisan saya di www.dikayoo.wordpress.com tentang gprs & im3 dapat membantu
saya mau nyobaai yang aksis ...

abim mengatakan...

mas dikayoo, bukanya promo axis dah abis?

SUYONO mengatakan...

wah aku jadi pingin juga pakai axis.kira kira kalu pakai modem 3G bisa lebih cepet nggak yah?thanks lam kenal

YC5NBX mengatakan...

Terima kasih infonya,... tapi ada sedikit pertanyaan :
Saya sedang mencoba koneksi Internet dengan Modem Sierra 881, untuk browser sejauh ini tidak ada masalah, namun ketika masuk ke proses Login/Sign in pada account email maupun yang lain selalu bermasalah.. (macet) dengan Mozila, tetapi jika menggunakan IE lancar2 aja.. Apakah ada settingan khusus untuk masalah tersebut.
Terima kasih.

edi-setiawan mengatakan...

thanks info setingan internet pakai axis, aku mau coba pakai hp nokia 6770,

tak cobain dulu ya ???

home mengatakan...

wah hebat nih aku sekali coba ,langsung bisa , meski lewat bluetooth..

Axis Community mengatakan...

Gabung yuks di axis community:
http://www.axiscommunity.tk

dh30n mengatakan...

thanks ya mas info nya walaupun tadi gag bisa tapi sekarang udah bisa.....


salam kenal .... dhony

dh30n mengatakan...

mas kalau beli kartu perdana xl unlimited brp harganya..... dtunggu jawabannya

~diana~ mengatakan...

udah nyoba pake AXIS, so far so good :)
biar sinyal terdeteksi edge, tapi speed tetap OK.
Semoga kecepatannya stabil

deterjen laundry mengatakan...

usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

Moss design mengatakan...

Matur nuwun sangeeettttt mas irwan...
wesh wesh wesh dengan blutut dial up Samsung SGH L700 pake axis. sambil nunggu jatringan telpon + speedy masuk komplek

internet mengatakan...

Pada dasarnya Setting Internet Axis adalah bagaimana cara kita agar terhubung dengan internet. Nah, saat ini ada 2 cara umum yang digunakan oleh kebanyakan orang untuk terhubung dengan internet. Yakni via komputer dan yang kedua via HP.