Kamis, Mei 28, 2009

Mampir di Solo, sarapan nasi liwet

Setiap pulang ke kampung halaman, saya dan keluarga selalu melewati Kota Solo. Namun jarang sekali kami singgah di kota itu. Maklum, biasanya ketika kami melewati kota ini, hari sudah malam atau dinihari. Nah, kebetulan pada saat kemaren (21/05/2009) kita melewati kota ini untuk kesekian kalinya, hari masih pagi. Kira-kira jam 7-an. Sebelum meneruskan perjalanan, kami coba untuk singgah sejenak mencari pengganjal perut yang mulai keroncongan.


Awalnya saya ingin mencari bubur ayam saja buat menu sarapan pagi itu. Namun sayang, mungkin belum beruntung saja, si tukang bubur ayam di Kota Solo ini kok masih belum nongol-nongol juga. Nggak seperti di Jakarta yang dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai sudut kota.

Akhirnya pilihan kita jatuh pada nasi liwet, makanan lesehan yang banyak tersebar di emperan toko. Setelah mencari beberapa tempat yang kira-kira "agak nyaman" kami pun akhirnya singgah di lapak Warung Liwet Bu Hadi yang berada di pinggir Jl. Yos Sudarso Solo.

Pagi itu, lapak Bu Hadi lumayan ramai oleh pengunjung. Kami pun memesan 6 bungkus nasi liwet. Terus terang, ini adalah baru pertama kalinya saya menikmati nasi liwet ala Solo (** katrok ya?) Tak lama kemudian, nasi liwet pesanan kami pun tiba. Uniknya, makanan ini disuguhkan bukan di tempat makan seperti piring atau mangkok, namun menggunakan daun pisang berlapis dua yang di salah satu ujungnya di-"sunduk" dengan tusuk gigi terbuat dari bambu.

Seporsi nasi liwet terdiri dari nasi, sepotong ayam kampung, dan sayur pepaya muda. Hmmm... sungguh nikmat sekali. Apalagi ditambah dengan segelas besar "wedang" teh. Sungguh nikmat disantap di kala pagi. Exciting sekali lah.. Ditambah lagi harganya yang lumayan murah... hmmm... enak sekali.

Wah, kapan-kapan kayaknya saat lewat Solo rugi banget jika tak mampir menikmati nasi liwet di pagi hari. Yukkk maree....

» Baca juga artikel yang berkaitan:

2 komentar. Sampeyan sudah?:

armouris mengatakan...

info tentang sarapan pagi kat sini - Sarapan Pagi Kuatkan Otak

winspr.co.cc mengatakan...

mampir di blo0gku ya