Rabu, Juli 16, 2008

Flock, browser sahabat blogger

Bagi Anda yang sudah bisa dikatakan sebagai blog-holic, ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Apalagi jika saat ini, kita telah memiliki banyak account blogging, jejaring sosial, webmail dan media sharing maka bisa jadi browser ini bisa membantu kepuyengan Anda mengelola semua itu karena semua bisa dilakukan di satu tempat saja.

Flock versi 1.2 adalah nama browser tersebut yang telah diluncurkan pada pertengahan Juni tahun ini dengan menggunakan basis code Firefox 3. Flock ini adalah sebuah browser yang bisa dikatakan sangat memanjakan para bloger. Betapa tidak, menggunakan Flock, kita bisa melakukan penambahan posting di blog yang kita miliki dengan mudah.

Menurut saya, secara keseluruhan, dibandingkan dengan browser lainnya, fitur blogging sangat ditonjolkan di browser ini. Utilitas yang dibutuhkan oleh bloger untuk menuliskan ide-idenya bisa langsung difasilitasi, misalnya fitur pengelolaan blog. Dengan fitur ini, kita bisa langsung melakukan posting ke web-blog yang kita miliki, tanpa harus melakukan login lagi.

Perangkat dukungan terhadap kebutuhan blogging yang tersedia di browser ini, antara lain:

  • Web Search
    Tool ini ditujukan untuk dapat melakukan pencarian secara cepat ke beberapa search engine. Diantaranya Google, Yahoo dll. Fitur ini sama persis dengan yang dimiliki oleh Firefox.
  • Photo Uploader
    Menggunakan fitur ini, kita bisa melakukan upload file-file gambar yang berada di harddisk ke beberapa website penyedia layanan photo sharing seperti Picasa, PhotoBucket dll. Fitur ini juga menyediakan fasilitas untuk croping file secara mudah.
  • Web Clipboard
    Dengan menggunakan fitur ini, kita dengan leluasa mengambil konten-konten dari web berupa teks, tautan ataupun gambar untuk disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dengan cara yang mudah, yakni cukup dengan cara click and drag.
  • Feeds
    Gunakan tools ini untuk berlangganan artikel melalui rss juga menjadi lebih mudah. Kita dijamin tak akan lagi ketinggalan berita dari website berita favorit kita, karena browser ini juga menyediakan mengelolaan rss dengan sangat mudah dan cepat menggunakan menu Tools|Feed kemudian klik Feed Option|Add feed dan masukkan URL rss yang ingin dinikmati.
  • Blog Editor
    Aplikasi ini hampir mirip dengan addon Mozila Firefox, Performancing atau ScribFire. Bedanya, tentu saja, aplikasi ini telah disempurnakan dengan menambahkan fitur-fitur yang baru. Tidak hanya bisa digunakan untuk menulis draft sebuah posting dan melakukan publish semata, namun bisa juga untuk memasukan file multimedia yang tersebar di jejaring sosial ke blog yang kita miliki. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dengan cara offline pada saat menuliskan artikel. Koneksi ke internet hanya digunakan pada saat kita membutuhkan untuk melakukan publikasi dari tulisan blog tersebut. Kita tak perlu khawatir, draft tulisan akan hilang karena dia akan tersimpan di harddisk kita.
  • Media Bar
    Perangkat ini bisa kita gunakan untuk mencari file-file multimedia (gambar dan video) yang tersedia secara online.
Pada browser Flock disediakan juga beberapa menu samping (sidebar) yang memudahkan melakukan akses ke akun dan layanan jejaring sosial seperti Digg, Facebook, Flickr, YouTube dan lan-lain. Tak hanya itu, bebarapa account webmail Anda di Gmail atau Yahoo bisa juga dikelola dengan mudah dengan menggunakan browser ini.

Interface yang dimiliki Flock tak jauh beda dengan Firefox. Ya iyalah, (masak ya iya dong). Bisa dikatakan Flock merupakan turunan dari Firefox. Tetapi Flock lebih banyak tampilan grafisnya misalkan tampilan window dan tabbed yang lebih indah. Selain itu, dominasi warna biru juga lebih sejuk. Apalagi , beberapa add-ons/extension bisa di pasang di browser ini.

Namun, pada versi 1.2 ini, menurut saya masih terdapat kekurangan pada fitur Blog Editor, dimana kita tak bisa secara langsung menempelkan file gambar atau video dari harddisk atau media penyimpan lokal di komputer kita pada Blog Editor. Tak ada menu browse ke hardisk untuk melakukan hal itu. Kita hanya dapat diperbolehkan menempelkan file gambar atau video yang telah di upload di internet saja. Jadi untuk menyisipkan file berpa gambar dan video, kita terlebih dulu di haruskan mengupload terlebih dahulu, kemudian tautan link tersebut yang akan kita panggil untuk disisipkan di artikel kita. Ini mungkin masih kalah dengan menu editor di Blogger ataupun di Wordpress dimana terdapat pilihan untuk menyisipkan file gambar dan video baik secara langsung dari harddisk lokal maupun dari layanan online lainnya.

Untungnya, kekurangan tersebut bisa dimaklumi karena sampai saat ini browser ini bisa diunduh secara gratis. Asyiknya...

» Baca juga artikel yang berkaitan:

6 komentar. Sampeyan sudah?:

Wibisono Sastrodiwiryo mengatakan...

Cuma ada versi windownya, versi linuxnya gak ada...

mazirwan mengatakan...

Ada kok versi untuk Linux. Versi terakhir untuk Linux adalah versi 1.2.4 atau sama dengan versi Windowsnya. Aku sih belum mencobanya.

David SK mengatakan...

flock?
udah dicoba ya Mas Irwan?

apa emang bener bisa di unduh gratis?

apa bisa digabung dengan blog aku di blogdetik.com?

mazirwan mengatakan...

@david sk
Bisa bang. Terlebih dahulu kita harus seting account blog kita. Caranya masuk ke Blog Editor dari menu Tools| Blog Editor.
- Di Blog Editor pilih Tools| Configure Blog Accounts
- Pilih tombol Add a new blog
- Ada 2 pilihan nanti disana. Beberapa layanan blog yang bisa langsung dipilih antara lain Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, Wordpress.com dan Xanga. Karena Blogdetik nggak terdapat di listing tersebut, kita harus pilih checkbox "I host my blog, or the service I use is not listed"
- Kemudian isikan alamat url blog kita misalnya http://mazirwan.blogdetik.com
- Pilih Next, kemudian isikan Username dan password di layanan blogdetik tsb. Pilih Next
- Kini kita udah siap memposting ke Blogdetik via Flock.
Selamat mencoba!

RIRI SATRIA mengatakan...

Aku menggunakan Flock for Apple Mac ver 1.2.4. Memang fasilitasnya oke banget ! Gak salah kalo disebut networking or social browser ...

atha lakuary mengatakan...

saya pke flock juga mas...
heeeee,,
karena tampilannya lucu :)

heheheheheee....

apalagi buat facebook'an :)