Sabtu, Agustus 29, 2009

Ketika telinga sakit saat di pesawat terbang..

Bisa jadi sampeyan merupakan pelanggan setia pesawat terbang. Bisa dikatakan pesawat terbang sudah menjadi bagian hidup sampeyan. Kemana-mana naek pesawat terbang. Nah, bisa jadi pula sampeyan pernah mengalami seperti yang saya alami ketika naek pesawat terbang, telinga berdenging dan sakit saat di pesawat terbang.


Konon katanya, peristiwa sakit dan berdengingnya telinga ini dikarenakan adanya perbedaan tekanan antara kondisi didalam tubuh dengan kondisi diluar tubuh. Kondisi ini biasanya terjadi ketika pesawat sudah mulai take off dan pada saat landing. Sakitnya akan menjadi luarbiasa apabila pada saat itu kita sedang terserang pilek. Huhhh... sungguh menyiksa sekali.

Beberapa tips yang pernah saya praktekan jika mengalami hal seperti itu. Tips-tips berikut kemanjurannya bisa berbeda-beda sesuai dengan amal dan ibadah masing-masing :D
  • Mengunyah makanan atau permen
    Biasanya pada saat mau take off, mbak-mbak pramugari (ini kalo sampeyan naek pesawat selain maskapai G***** lho.. kalo naek maskapai G***** yang sampeyan temui bukan mbak-mbak, tapi emak-emak hehehe...) akan membagikan permen. Nah, ambil aja..jangan sungkan-sungkan... tapi jangan ambil semuanya, ntar penumpang yang laen ndak kebagian dong? Dan lagi kalo sampeyan ambil semua itu namanya kemaruk! Ambil secukupnya, misalnya jika penerbangannya nggak sampai 2 jam, ambil 3. Sebiji langsung kunyah aja saat pesawat mau takeof, satu lagi pada saat landing...
    Lho trus yang satu lagi? Jaga-jaga aja kalo sampeyan ternyata dapet kenalan baru di atas pesawat.. khan bisa ditawarkan buat basa-basi hehehehe..
  • Menutup hidung dan mulut, kemudian berusaha meniup udara sekuat mungkin.
    Bisa jadi saat itu pula udara yang ada tiup akan keluar melalui telinga. Namun, dalam melakukan tips ini sampeyan harus sangat hati-hati. Jika tak hat-hati, bisa jadi udara yang ditiup bukan keluar lewat kuping, namun malah lewat lubang bawah, khan bisa gaswat!!! Bisa mencemari udara satu pesawat!!
  • Menguap
    Cara ini adalah cara termudah, apalagi jika sampeyan memang kurang tidur sebelum naik pesawat. Tentunya dalam menguap harus mematuhi kaidah-kaidah penguapan. Jangan sampai gara-gara sampeyan menguap terlalu lebar, orang2 disebelah jadi kesedot semua. Khusus bagi sampeyan penggemar petai atau jengkol, pastikan sebelum menguap mulut sampeyan terbebas dari aroma kedua barang ghoib tersebut. Sekali lagi tolong ini diperhatikan.
  • Berbincang bincang atau menyanyi-nyanyi kecil
    Tak ada salahnya selama di pesawat sampeyan menyalakan ipod atau mp3 player (** mau nulis walkman, kayaknya udah nggak jaman lagi ya??) Dengarkan sebuah musik dan tak lupa ikutlah bersenandung. Jika tak bawa mp3 player, bisa juga melakukan perbincangan dengan teman duduk sebelah. Disamping mengurangi mengindari sakit telinga, tips ini juga dapat mengurangi ketegangan selama berada dalam perjalanan.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar perjalanan udara sampeyan jadi nyaman dan menyenangkan. Alhamdulillah, menggunakan salah satu tips tersebut selama ini perjalanan udara saya jadi lebih nyaman. Jangan lupa, jika sampeyan punya tips yang lain disharing ya..

» Baca juga artikel yang berkaitan:

3 komentar. Sampeyan sudah?:

Yudo Budi Pramono mengatakan...

lagi googling nyari info ttg kuping mampet naik pesawat malah nyasar ke blog loe mazz..
info yg bener2 nyeleneh tp lumayan lah.. hehe.. thanks maz..

atha lakuary mengatakan...

klo saya,,
makan permen karet mas...

haduhh,,
waktu pertama kali saya naik pesawat mw ketemu Oma di ambon,,
pas landing kupiiing saya sakit banget...

heeee dasar aja norak kali ya mas :p
hehehehee

Anonim mengatakan...

Huahahahaha....efektif and lucu MAZZ