Selasa, September 27, 2005

Madu aseli (bukan) ?

Terinspirasi pada saat bertemu Ustad Lani di rumahnya, saat itu beliau sedang memegang segelas madu untuk diminum, kemaren aku beli sebotol madu aseli (kata penjualnya) di salah satu toko swalayan. Menurut beliau, madu sangat baik untuk kesehatan fisik dan ini gak diragukan lagi-lah. Pantesan beliau masih enerjik saja di usia yang telah senja itu.

Kehebatan madu ini pun telah difirmankan oleh Allah dalah Surat An Nahl ayat 69 :"... Dari perut lebah itu keluar, minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Tapi masalahnya apakah madu yang aku beli kemaren benar-benar asli? Kalau kata penjualnya sih aseli. Bahkan ada label kalo gak terbukti 100% aseli, uang dikembalikan ..he..he.

Akhirnya dari beberapa referensi yang pernah aku baca ada beberapa ciri-ciri madu asli, misalnya kalo di bakar menyala, meletup atau kalo di dititis dengan kuku madunya gak jatuh. Nah syarat-syarat itu kayaknya udah terpenuhi semua deh.

Barusan pagi ini aku cari referensi di internet, eh ternyata metode pembuktian madu aseli tadi gak semuanya bener. Madu itu gak ada aseli atau palsu. Lha wong yang bisa menghasilkan madu cuman lebah aja kok di dunia ini. Yang ada adalah mau berkualitas tinggi dan madu berkualitas rendah.

Ciri madu berkualitas tinggi dapat ditunjukan misalnya dari kekentalannya, semakin kental semakin bagus, trus gak berbusa, sebab kalo udah berbusa berarti madu tersebut telah terfermentasi.

Gitu deh baru ngeh.

» Baca juga artikel yang berkaitan:

1 komentar. Sampeyan sudah?:

Madu High Desert mengatakan...

Wah, seru neh kalo ngomongin madu. Aku bisa referensikan madu dari High Desert yaitu clover honey. Tentang ciri2 madu asli, bisa dilihat di blog saya, http://madu-highdesert.blogspot.com. Betul, madu hanya bisa dilihat dari kualitas, kalo tentang asli tidaknya setiap orang pasti punya asumsi sendiri tentang madunya. Monggo di lihat-lihat di blog saya. Barangkali berminat...:)

Salam,
Irma
http://madu-highdesert.blogspot.com