Rabu, April 05, 2006

Pengen ngebut dengan Firefox?

Berbeda dengan web browser yang lain, Mozila Firefox dapat kita setting sesuai dengan kemamuan kita. Maklum namanya juga software open source, kodenya pun dapat kita download. Jika kita adalah pengguna broadband internet, kita dapat menambah kecepatan browsing dari si Firefox. Gimana caranya? Ok, simak baik-baik ya...

  1. Buka dulu browser Firefox dikomputer kamu. Trus di Address Location Bar ketikkan "about:config". Jika kita beruntung (hehehe..), maka akan muncul beberapa parameter yang dapat kita ubah atau bahkan kita tambah settingnya.
  2. Kemudian cari beberapa baris berikut menggunakan scroll down/up :

    network.http.pipelining
    network.http.proxy.pipelining

    Nilai default kedua parameter tersebut adalah "false", ubah nilainyanya menjadi "true" menggunakan doble klik mouse. Biasanya browser hanya dapat melakukan satu request pada saat bersamaan, jika kita enable maka browse akan mampu melakukan beberapa request pada saat bersamaan. Ini disebut dengan metode HTTP Pipelining.
  3. Selanjutnya cari parameter :

    network.http.pipelining.maxrequests

    Ubah nilai defaultnya menjadi 30 atau lebih (misalnya 100). Caranya sama, yaitu doble klik pada parameter tersebut. Ini digunakan untuk menentukan jumlah request browser pada saat bersamaan.
  4. Kemudian kita buat satu parameter baru bertipe integer dengan nama :

    nglayout.initialpaint.delay

    Caranya dengan klik kanan mouse, pilih New -> Integer -> Enter the preference name : "nglayout.initialpaint.delay". Set isinya dengan "0", nilai ini menunjukkan waktu yang digunakan oleh browser untuk menampilkan isi informasi yang didapat.
  5. Selanjutnya restart Firefox kita, yaitu tutup dan jalankan lagi Firefox tsb.
Maka kita akan mendapatkan kecepatan Firefox akan tambah sebesar 30% s/d 40%. Namun jika koneksi internet masih pake dial up, ya jangan berharap banyak deh.. syukurin aja apa adanya hehehe...

Ada lagi satu tip untuk mempercepat pemanggilan tabulasi baru di Firefox. Caranya masih sama dari "about:config" kemudian cari paramater "browser.tabs.showSingleWindowModePrefs" jika belum ada maka kita bisa buat baru (lihat cara buat baru parameter di point-4 diatas) dengan type boolean dan isikan nilainya dengan kondisi "true". Restart browser Firefox dan selanjutnya setiap kita melakukan pemanggilan New Tab (CTRL-T), maka tabulasi baru akan muncul lebih cepat.

Nggak percaya? Coba aja sendiri :D

Sumber : http://www.mozila.pl/firefox-speed-up.html dan berbagai sumber di internet.

» Baca juga artikel yang berkaitan:

5 komentar. Sampeyan sudah?:

wasugi mengatakan...

boss.. dah gwe coba tapi gk banyak penaruh kayanya.. gwe make brodban.. meski gk gede2 banget.. 1mb/s

mazirwan mengatakan...

ya itu namanya apes ...
:D

Spedaman mengatakan...

wah berhasil niy! thx yak hehehe..

andra mengatakan...

thx ya boss. aku cobain nih.. moga2 cepet kaya loader EDI.. ^_^

yono mengatakan...

suwon yooo lmuyanan lah