Kamis, Februari 11, 2010

Nigerian Spam


Pernahkah sampeyan suatu saat mendapatkan sebuah email yang mengatakan bahwa sampeyan mendapatkan hadiah lotere sekian ribu dollar? Atau juga sampeyan dikirimi sebuah email dari seseorang yang mengaku telah memiliki sebuah warisan dan meminta bantuan sampeyan untuk mencairkan warisan tersebut? Seperti email yang saya terima saat ini.

Ini emailnya:

Nama saya Susan Amson Drake satu-satunya putri dari Nyonya Dian Drake yang Menikah dengan Mr.Drake seorang warga negara bagian british saya dapat berbicara Indonesia. tapi saya tinggal di London (23 Belgrave Street # sq.London, Kerajaan Inggris) umur saya 23 tahun, saya tinggal di London untuk sekolah. Saya tidak punya siapa-siapa. Saya tidak punya kerabat, keluarga saya hanya punya satu anak, yaitu saya. Keluarga saya sangat terkenal, tetapi Tuhan telah mengambilnya kembali, orangtua saya meninggal dalam gempa bumi di Padang Sumatera, sekarang saya hanya sendirian di sini.

Almarhum ayah saya adalah seorang kontaktor dari minyak dan gas di padang

Saya butuh bantuan dari Anda. Almarhum ayah saya memiliki uang sebanyak ($US4million dollar amerika) dari minyak dan gas sebelum ayah meninggal, perusahaan telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memberikan kepada mitra bisnis almarhum ayah saya untuk menyerahkan uang ini kepada saya atas kepercayaannya kepada saya .

Saya mendapat informasi dari Anda, saya akan memberi Anda informasi lebih lanjut tentang masalah ini. saya akan memberitahukan semua dokumentasi untuk mengambil uang dari perusahaan.

Kirim email ke alamat email pribadi saya. mrs.susanamson@live.com
Atau Anda dapat menghubungi saya ke nomor +447-031-838-285,

Hormat saya
Susan Amson Drak
Menurut beberapa referensi di Google, email-email seperti ini disebut dengan Nigerian Spam atau Nigerian Scam dan jelas-jelas bahwa ini adalah salah satu modus penipuan menggunakan teknologi internet. Jika kita mengikuti apa yang diminta, maka selanjutnya kita akan disuruh untuk mengirimkan biaya transfer uang dan asuransinya dengan nilai sekian ratus dollar. Kemudian? Ya sudah uang kita akan menguap dan pihak tersebut tak akan menghubungi lagi kita.

Maka berhati-hatilah, jangan mudah percaya dengan hal seperti ini apalagi memberikan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, apalagi nomer kartu kredit terutama 3 nomer yang dibelakang. Jika ini dilakukan, maka jangan heran akan muncul tagihan belanja ke kartu kredit tersebut.

Seperti pesan bang napi, kejahatan terjadi bukan karena niat tapi juga karena adanya kesempatan. Sekali lagi waspadalah..waspadalah.

Referensi:
- http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081212163154AAMpHuf
- http://www.nigerianspam.com/features-of-spam.htm
- http://en.wikipedia.org/wiki/Advance-fee_fraud

» Baca juga artikel yang berkaitan:

0 komentar. Sampeyan sudah?: