Selasa, Maret 23, 2010

Mengunci File/Folder di Windows Tanpa Software Tambahan

Artikel ini bisa jadi berguna bagi sampeyan yang banyak menyimpan data-data rahasia dan tak ingin diketahui oleh orang lain. Data-data penting tersebut bisa kita kunci dengan menggunakan sandi tertentu. Sehingga orang yang ingin membukanya tanpa tahu sandinya akan kesulitan untuk membacanya.

Memang saat ini banyak perangkat lunak yang ditawarkan untuk melakukan hal tersebut diatas. Dari yang berbayar hingga yang gratis. Tapi kali ini kita mencoba memprotek file dan folder tanpa menggunakan software-software tersebut. Cukup dengan menggunakan Notepad saja.

Langkah pertama, download file text yang berisi kode batch file.

LockCode.txt

Buka file tersebut di dalam program Notepad kemudian ganti perintah "“type your password here” menjadi password yang dikehendaki. Simpan file ini menjadi file LockCode.bat

Ada baiknya sampeyan mengubah settingan folder di Folder Options dari menu Tools pada My Computer atau Windows Explorer agar kita bisa tahu extension file yang ada.

Pada kotak dialog, pilih tab View kemudian carilah checkbox Hide extensions for known file types dan uncheck kotak tersebut.

Sekarang kita bisa melihat file LockCode.bat lengkap beserta ekstensinya.

Langkah selanjutnya, klik dua kali file LockCode.bat tersebut. Jika pada folder dimana file LockCode.bat berada tidak terdapat folder bernama Locker, maka folder tersebut akan terbentuk. Folder-folder yang lain dapat kita tambahkan di script file LockCode.bat.

Selanjutnya, jika kita melakukan double klik pada file LockCode.bat maka akan terdapat pertanyaan, apakah kita akan melakukan penguncian terhadap folder Locker tersebut. Jawab Y jika kita akan melakukan penguncian dan jawab N jika kita melakukan sebaliknya.

Untuk membuka kunci dari folder Locker, kita bisa melakukan double klik pada file LockCode.bat, maka kita akan diminta untuk memasukan sandi. Sandi ini harus sesuai dengan sandi yang pertama kali kita masukan saat melakukan editing file LocCode.bat tadi.

Tips:
Mungkin sampeyan merasa metode ini masih belum aman benar karena password masih tersimpan di file LockCode.bat. Untuk mengatasi hal ini, pada saat setelah sampeyan melakukan penguncian file/folder berhasil, silakan ubah password yang terdapat pada file LockCode.bat dengan password dummy. Tapi ingat sampeyan harus ingat betul password yang benar. Jika tidak, maka ini akan jadi masalah, karena sampeyan jadi ndak bisa membuka kunci folder yang sampeyan proteksi.

Jika ternyata cara diatas masih juga kurang manjur, maka dianjurkan setalah berhasil melakukan proteksi folder, langsung hapus/delete saja file LockCode.bat. Nanti untuk membuka kuncian folder, sampeyan bisa membuat file LockCode.bat dari file LockCode.txt yang sudah sampeyan download tadi.

Catatan:
- Terimakasih buat Rakshit Khare dan Lori Kaufman atas artikelnya yang bermanfaat.

» Baca juga artikel yang berkaitan:

2 komentar. Sampeyan sudah?:

Anonim mengatakan...

Salam kenal
Saya sudah coba trik yang Mas sampaikan. Cukup lumayan untuk Windows Explorer. Tapi tidak mempan untuk file manager seperti Total Commander. Mungkin si pembuat awal tidak menguji dengan file manajer pihak ke-3.
Total commander juga sebenarnya Jitu dalam hal membongkar folder...kecuali dibagian System Volume Information punya Windows. Jika ada tutorial yang bisa membuat folder terkunci seperti SysVolInfo akan sangat manjur menurut saya.
Terima Kasih

Anonim mengatakan...

Tambahan lain
Total Commander juga sanggup membuka Isi Autorun.inf (yang adalah folder) yang dibuat oleh SmadaV. Membuka isinya tapi tidak sanggup menghapusnya. Untuk menghapus file atau folder Autorun.inf punya Smadav bisa pakai program Unlocker