Rabu, Maret 28, 2007

Bagaimana caranya mengantongi gajah?

Buku yang di tulis oleh Steve Kaplan seorang konsultan pemasaran dunia ini cukup bagus. Banyak gagasan dan ide-ide baru yang diusungnya tentang strategi memperoleh dan mempertahankan pelanggan besar. Buku ini memang ditujukan bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha, wiraniaga dan eksekutif pemasaran.

Memang, ibarat ingin mendapatkan seekor gajah, maka terlebih dulu kita harus tahu seluk beluk tentang gajah. Mengapa gajah merupakan target pemasaran bisnis kita? Kita tahu, gajah memiliki karakter khusus. Guna mendapatkannya saja, Gajah tidak bisa kita dorong atau pun kita tarik, jelas dia tak akan mau mengikuti perintah begitu saja. Mungkin Anda malah harus berguru pada para pawang gajah di Lampung untuk hal ini. Gajah sangat lamban, jarang bergerak. Namun sekalinya bergerak maka imbasnya sungguh sangat menghebohkan bagi bisnis Anda. Itu lah gajah.

Birokrasi juga merupakan ciri lain dari perusahaan besar laksana gajah. Birokrasi dengan segala kerumitannya, adalah faktor penting yang membuat perusahaan besar bisa tetap eksis untuk meminimalkan resiko-resiko kerugian. Banyak orang yang tidak suka dengan birokrasi yang berbelit-belit dan tidak memudahkan, bahkan termasuk orang dalam perusahaan besar tersebut. Namun, Kaplan menyarankan, kita tidak boleh alergi dengan birokrasi pada perusahaan besar yang menjadi target kita. Malah dianjurkan untuk mempelajari dengan seksama dan lebih mendetil. Penguasaan pada sistem birokrasi pada sebuah perusahaan besar, tak jarang merupakan peluang tersendiri bagi bisnis kita.

Umumnya, bermitra dengan perusahaan besar laksana gajah, merupakan hubungan yang terbentuk dalam jangka panjang. Oleh karena itu strategi bisnis haruslah disusun untuk bisnis dengan jangka panjang. Disini, Kaplan lebih menekankan pada arti pentingnya sebuah kepercayaan. Gajah yang telah mempercayai kita sebagai mitra bisnis akan membuka peluang lebih bagi kita. Sekali kita mendapatkan seekor gajah, maka gajah-gajah yang lain akan mengikutinya di belakang.

Kaplan memberikan 6 kunci untuk fokus pada pelanggan besar. Yaitu tentang arti pentingnya sebuah satu kesempatan, memberikan prioritas nomor satu, apapun yang diperlukan, visi jangka panjang, hembusan udara segar dan kemitraan.

Jadi saran Kaplan, tunggu apa lagi? Segera tangkap dan pelihara gajah Anda!

» Baca juga artikel yang berkaitan:

1 komentar. Sampeyan sudah?:

keii mengatakan...

nice post..