Kamis, Maret 25, 2010

Menjajal Internet Unlimited dari 3 (Three/Tri)

Saat ini banyak sekali operator selular yang berlomba-lomba menawarkan akses data ke internet tanpa batas. Diantara operator-operator tersebut, Tri (3) salah satu operator asal Inggris ini berani menawarkan koneksi data internet unlimited cuman Rp. 85 ribu perbulan. Sungguh tawaran yang sangat menarik!!

Sebelumnya saya pernah menjajal beberapa operator yang menawarkan layanan serupa. Misalnya Indosat Broadband 3,5G yang menawarkan layanan koneksi internet unlimited Rp. 100ribu perbulan. Awalnya memang kecepatan yang didapat sungguh fantastis, namun seiring dengan jumlah user yang semakin meningkat, lambat laun kecepatan yang didapatkannya juga menurun.

Tri menawarkan paket yang lebih murah lagi dengan menggunakan sistem prabayar. langkah pertama tentu saja kita harus membeli kartu perdana Tri yang bisa di dapatkan di counter pulsa dengan harga Rp. 5rebu saja. Selanjutnya setelah kita melakukan aktivasi, kita harus mengisi saldo pulsa minimal seratus ribu. Memang agak susah sih jika kita ingin mengisi pulsa dengan nomimal tersebut secara langsung di counter pulsa karena biasanya yang tersedia dalam bentuk voucher dengan nominal tertinggi Rp 30rebu. Paling gampang isi saja menggunakan ATM atau internet banking misalnya Internet Banking BCA.

Langkah selanjutnya, kita harus mengaktifkan layanan koneksi internet unlimitednya. Caranya dengan mengirimkan SMS ke nomor 234 dengan isi MAU DATA. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan SMS notifikasi aktivasinya.

Setelah aktif, pulsa kita akan langsung kedebet sebesar Rp. 85rebu dan layanan koneksi internet unlimited ini akan berlaku sampai 30 hari kedepan.

Statistik koneksi menggunakan Mobile Partner dapat ditunjukan gambar dibawah.

Lihat hasil pengujian menggunakan speedtest.net.

Sekarang kita uji untuk download sebuah file sebesar 200MB, hasilnya cukup lumayan. Koneksinya lumayan stabil dengan kecepatan berkisar antara 50 Kbps s/d 90 Kbps. Sehingga file sebesar itu hanya membutuhkan waktu tak lebih dari setengah jam saja. Hmmm... sungguh lumayan...

Sayangnya, tidak semua area mendapatkan cakupan sinyal Tri dengan baik. Layanan menarik ini tidak bisa saya gunakan di sekitar daerah Lubang Buaya (a.k.a rumah saya, gan.. *** sedih *** )

Jadi, tertarik ingin mencoba? Jangan lupa share reviewnya disini ya..

Catatan:
- Ujicoba menggunakan Notebook Lenovo Y410, Modem Huawei E220.
- Lokasi Wisma SMR, Sunter Jakarta Utara

Update:
Barusan dapat info dari Customer Care Tri

3care <3care@three.co.id> hide details 3:09 pm (0 minutes ago)
to Irwan Suprayitno
date Mar 30, 2010 3:09 PM
subject RE: Coverage sinyal 3G Tri di Lubang Buaya Jaktim
mailed-by three.co.id

Kepada Yth

Bapak Irwan Suprayitno

Terima kasih atas kepercayaan Bapak dalam menggunakan layanan kami.

Untuk jaringan 3G dan HSDPA diwilayah Bapak Irwan lubang buaya Cipayung bahwa kita belum ada rencana untuk pengembangan disana setidaknya dalam 6 bulan kedepan. Kami akan terus melakukan perluasan jaringan demi kepuasan seluruh pelanggan 3.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Apabila Bapak Irwan masih memerlukan informasi terkait dengan layanan kartu 3, silahkan menghubungi kami.

Hormat kami,

Ubayanti

3Care
100 dari kartu 3paskabayar Anda (Bebas pulsa)
200 dari kartu 3prabayar Anda (Berbayar)
0896-44000-123 /100/200 dari nomor lainnya
www.three.co.id
Ternyata, Indosat 3,5G Broadband masih tetap juaranya untuk urusan koneksi internet.

» Baca juga artikel yang berkaitan:

7 komentar. Sampeyan sudah?:

mazirwan mengatakan...

barusan dapat info dari Tri

Pelanggan Yth,per 8 Apr 2010 tarif langganan 3 Mobile Broadband mjd Rp99rb/30hr(diluar PPN. Jk pulsa tdk mencukupi utk layanan bulanan maka otomatis diperpanjang mingguan dg biaya Rp29rb/7hr(diluar PPN. Utk pelanggan yg sdh berlangganan sblm 6 Apr 2010 tarif baru akan berlaku mulai 6 Mei 2010.Info:200

bener khan, akhirnya nggak jauh beda dengan Broadband Indosat.

Anonim mengatakan...

minta settingnya dunk. hehe
access number, user dan pswd nya kartu tri. By:rommy chenko

mazirwan mengatakan...

akses = *99#
APN = 3data
user = 3data
pass = 3data

Yudo Budi Pramono mengatakan...

hayah.. jauh2 nyari referensi si tri.. eh tau2 nya yg punya review si juragan ruangan sebelah ane.. wkwkwk..
maz.. nanti bantuin gw instal yak..
modem gw pake ZTE MF-626..
beda ga sih settingan nya?
Thx

mazirwan mengatakan...

udah bisa belum?

Anonim mengatakan...

knp yaa.. paket internet tri yg 150mb/bulan (12.000/bulan) putus terus koneksinya setiap 15 menit se x.. minta pencerahan nya nih.. thx..

web designers pitampura mengatakan...

Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all IĆ­ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!