Rabu, Oktober 26, 2005

Nih dia generasi Space Toon!

"Mau otong pes toonnn..."

Begitulah, dengan gaya bicara yang kurang jelas khas anak umur 3 tahunan, tiap hari putriku, Lintang minta disetelin saluran favoritnya Space Toon. Nama stasiun-nya emang rada aneh, kayak serial kartun anak. Mungkin emang dibuat seperti itu untuk memberi stigma kalo TV khusus buat anak anak adalah SpaceToon. TV ini bisa dilihat di channel 27.

Stasiun TV yang beralamat di Wisma 46 Kota BNI Lt 43 Jl.Jend Sudirman Kav 1 Jakarta ini memang mengkhususkan audien pada anak-anak, jelas isinya adalah program-program khusus untuk anak-anak. Tayangannya 60% berupa film-film kartun dari luar (Jepang) seperti Yaterman, RoboCon, Dash Yonkuro, Nacha dll. Memang saluran TV ini sesuai dengan misinya ingin menjadi TV yang ramah kepada anak-anak.

Wah, putriku kalo udah duduk nonton saluran TV ini, bisa betah berjam-jam. Heran ya.. padahal kalo dilihat dari kualitas audio dan video, saluran ini kalah jauh dibanding dengan saluran tv-tv yang lain. Mungkin anak kecil tidak memperhatikan hal tersebut, yang penting isinya.


Saat masih siaran percobaan, acara yang ditayangkan berupa lagu-lagu anak anak populer seperti Bintang Kecil, Lihat Kebunku dll. yang selalu diulang-ulang. Sisi positifnya, saat itu putriku sampai hapal betul lagu-lagu tersebut. Sayangnya saat dia masuk kelompok bermain di salah satu TKIT (Taman Kanak-kanak Islam Terpadu), lagu-lagu tersebut tidak diajarkan disana. Kasihan ...

Namun tidak selamanya efek yang ditimbulkan adalah efek positif, efek negatif yang saat ini dirasakan adalah ada kecenderungan "kecanduan" terhadap TV ini pada putriku. Tak jarang dia berani untuk "berantem" dengan orang rumah (neneknya terutama hehehe...) jika nggak disetelin saluran TV ini. Waduh..waduh... jadinya tak jarang orang serumah mau tidak mau ya harus nonton acara anak-anak tiap hari. Emang enak..hehehe...

Satu hal yang menjadi kekhawatiran ku saat ini adalah, walaupun sebelum acara film-film ditayangkan terdapat filler-filler yang memberikan nasehat, namun tak jarang di tayangan filmnya banyak menggambarkan hal-hal yang tidak patut dicontoh oleh anak-anak. Misalnya di film RoboCon, sering terjadi adegan berantemnya. Ini khan bisa ditiru anak-anak.

Ya semoga aja pihak TV Space Toon semakin hari semakin selektif memilih acara yang akan ditayangkan, mengingat target audience adalah anak-anak yang sangat sensitif untuk menitu apa yang dilihatnya.

» Baca juga artikel yang berkaitan:

2 komentar. Sampeyan sudah?:

Anonim mengatakan...

terima kasih spacetoon

shedtya mengatakan...

setubuh mas :D

adik laki2 saya yang umurnya 11 tahun juga ketagihan :D

tapi yang saya suka yah klo acara space toon masih ada yang bisa membuat anak2 bisa mengolah otak mereka :D