Selasa, Maret 21, 2006

Bothok Sembukan

Mungkin ada di antara pembaca yang asing dengan judul diatas. Namun bagi pembaca yang berasal dari Jawa (Tengah/Timur) pasti nggak asing dengan yang namanya "bothok". Ya, bothok adalah makanan khas yang berasal dari Jawa. Di tempat lain mungkin disebut dengan pepes. Agak sedikit berbeda dengan pepes, bahan untuk isi bothok biasanya terdiri dari daun-daunan, sedangkan pepes biasanya berisi ikan (mis: pepes ikan mas dll).

Bahan-bahan bothok yang khas antara lain terdiri dari kelapa muda diparut, daun-daunan (misalnya daun kemangi, daun beluntas, daun sembukan, lamtoro dll). Dan biasanya dicampur dengan tahu/tempe. Bahan-bahan tersebut diberi bumbu-bumbu jawa kemudian di masukan di dalam daun pisang dan dikukus.

Saya sendiri termasuk penggemar bothok sejak lama, terutama bothok sembukan. Sembukan adalah sejenis tumbuhan merambat yang banyak terdapat di ladang di Jawa. Perkembangbiakannya cukup mudah dan tak jarang malah menjadi musuh petani. Daunnya berasa manis-manis getir dan beraroma -maaf- kayak kentut :D
Makanya daun sembukan disebut juga daun kentutan hehehe....

Nah, kebetulan pas liburan lebaran beberapa tahun yang lalu kami sekeluarga pulang kampung. Kebetulan pas ke sawah nemu bibit simbukan ini, trus dibawah ke Jakarta dan akhirnya sekarang numbuh dengan lebat di belakang rumah. Jadilah setiap saat bisa makan bothok berisi daun sembukan plus lamtoro.

Konon katanya, daun sembukan ini berkasiat bagi mereka yang susah buang angin/sakit perut, maklum kalo kita abis makan bothok sembukan maka tak lama, akan terdengar bunyi angin kejepit dari pantat..hahahaha....

» Baca juga artikel yang berkaitan:

1 komentar. Sampeyan sudah?:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!